PENDIDIK IPA KEREN

kami hanya menampilkan berita dan data yang kami maksudkan mungkin bisa membantu pekerjaan guru

home

program tahunan kelas IX

PROGRAM TAHUNAN

Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut 

Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun

Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VII dengan kurikum K13




PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                                                   
Mata Pelajaran                      :        IPA
Satuan Pendidikan                :        SMP
Kelas / Semester                     :      IX / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran                    :        2016 / 2017

Komptensi Inti :
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.


NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.1     Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit  pada sistem reproduksi, dan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1     Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya.
12 JP
2
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.2     Memahami reproduksi pada tumbuhan dan  hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
4.2     Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
15 JP
3
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.3     Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
4.3     Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
10 JP
4
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.4     Mendeskripsikan atom dan partikel penyusun-nya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
13 JP
5
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.5     Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik
3.6     Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), ber bagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar
4.4     Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
4.5     Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan  waktu pemakaian
12 JP
Jumlah Jam Pelajaran Semester Ganjil
62 JP
6
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.6     Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.7     Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi.
4.6     Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan induksi elektromagnetik.
12 JP
7
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.8     Mengidentifikasi proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk hidup.
4.7     Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum  pewarisan sifat mahluk hidup.
18 JP
8
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.9     Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung  kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
4.8     Menyajikan data ide-ide, atau penelusuran informasi tentang penerapan bioteknologi dalam mendukung keberlangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
10 JP
9
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.10 Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan  dan ramah lingkungan.
4.9     Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak lingkungan.
12 JP
10
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3     Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4     Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.11 Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan.
4.10 Melakukan penyelidikan tentang fungsi tanah bagi keberlangsungan  kehidupan.
13 JP
Jumlah Jam Pelajaran Semester Genap
65 JP

0 Response to "program tahunan kelas IX"