program tahunan kelas IX
—
Saturday, December 1, 2018
—
Add Comment
—
prota
PROGRAM TAHUNAN
Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut
Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun
Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VII dengan kurikum K13
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : IX / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2016
/ 2017
Komptensi Inti :
·
KI1
dan KI2:
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja
sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.1
Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi, dan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1
Menyajikan hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual
dan upaya pencegahannya.
|
12 JP
|
2
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja
sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan
percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.2
Memahami reproduksi pada tumbuhan dan
hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
15 JP
|
3
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.3 Mendeskripsikan
penyebab perkembangan
penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
4.3 Menyajikan hasil
penelusuran informasi tentang perkembangan penduduk dan dampaknya bagi
lingkungan
|
10 JP
|
4
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan
atom dan partikel penyusun-nya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan
karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
13 JP
|
5
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Memahami
konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik,
kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang
mengandung listrik
3.6 Mendeskripsikan
karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik,
sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), ber bagai upaya dalam menghemat energi listrik,
serta penggunaan teknologi listrik di
lingkungan sekitar
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan interaksinya, serta
sifat hantaran listrik bahan
4.5 Melakukan penyelidikan
untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik,
serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu
pemakaian
|
12 JP
|
Jumlah Jam Pelajaran Semester Ganjil
|
62
JP
|
|
6
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.6 Mendeskripsikan karakteristik rangkaian
listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif
(termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta
penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar.
3.7 Mendeskripsikan
konsep medan magnet, induksi elektro magnetik, dan penggunaannya dalam produk
teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk
mencari makanan dan migrasi.
4.6
Membuat karya sederhana yang memanfaatkan
prinsip elektromagnetik dan induksi elektromagnetik.
|
12 JP
|
7
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.8 Mengidentifikasi
proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk
hidup.
4.7 Melakukan percobaan
sederhana untuk menemukan hukum
pewarisan sifat mahluk hidup.
|
18 JP
|
8
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.9 Mendeskripsikan
penerapan bioteknologi dalam mendukung
kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
4.8 Menyajikan
data ide-ide, atau penelusuran informasi tentang penerapan bioteknologi dalam
mendukung keberlangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
|
10 JP
|
9
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.10 Membedakan
proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah lingkungan.
4.9 Menyajikan
data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang tidak merusak
lingkungan.
|
12 JP
|
10
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.11 Memahami
pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk keberlanjutan
kehidupan melalui pengamatan.
4.10 Melakukan penyelidikan tentang
fungsi tanah bagi keberlangsungan
kehidupan.
|
13 JP
|
Jumlah Jam Pelajaran Semester Genap
|
65 JP
|
0 Response to "program tahunan kelas IX"