Program tahunan VIII
—
Saturday, December 1, 2018
—
Add Comment
—
prota
PROGRAM TAHUNAN
Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut
Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun
Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VIII dengan kurikum K13
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran :
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas / Semester : VIII
/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2018
/ 2019
Komptensi Inti :
·
KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
3.1 Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak
|
20 JP
|
4.1 Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak,
serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
|
||
1
|
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak
berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk
hidup
|
10 JP
|
4.2 Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak
benda
|
||
1
|
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari termasuk
kerja otot pada struktur rangka manusia
|
20 JP
|
4.3 Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang
manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
||
1
|
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan
fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
20 JP
|
4.4 Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber
informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur
tumbuhan
|
||
1
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami
gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga
kesehatan sistem pencernaan
|
15 JP
|
4.5 Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan
kimiawi
|
||
1
|
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat
adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
|
10 JP
|
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif
dan zat adiktif bagi kesehatan
|
||
1
|
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami
gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem
peredaran darah
|
10 JP
|
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis,
intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung
|
||
2
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut
pada tumbuhan
|
20 JP
|
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat
cair pada kedalaman tertentu, gaya
apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
||
2
|
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami
gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem
pernapasan
|
20 JP
|
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem
pernapasan
|
||
2
|
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan
pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
15 JP
|
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan
penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
||
2
|
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar
pada hewan
|
25 JP
|
4.11 Menyajikan
hasil percobaan tentang getaran,
gelombang, dan bunyi
|
||
2
|
3.12 Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang
datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan
manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optic
|
15 JP
|
4.12 Menyajikan hasil
percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
|
0 Response to "Program tahunan VIII"