PENDIDIK IPA KEREN

kami hanya menampilkan berita dan data yang kami maksudkan mungkin bisa membantu pekerjaan guru

home

Program tahunan VIII

PROGRAM TAHUNAN

Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut 

Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun

Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VIII dengan kurikum K13




PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                                                   
Mata Pelajaran                      :        
Satuan Pendidikan                :        SMP
Kelas / Semester                     :      VIII / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran                    :        2018 / 2019

Komptensi Inti :
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

SMT
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
1
3.1     Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
20 JP
4.1     Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
1
3.2     Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
10 JP
4.2     Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
1
3.3     Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari              termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
20 JP
4.3     Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
1
3.4     Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
20 JP
4.4     Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
1
3.5     Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
15 JP
4.5     Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
1
3.6     Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
10 JP
4.6     Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
1
3.7     Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
10 JP
4.7     Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada frekuensi denyut jantung
2
3.8     Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
20 JP
4.8     Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu,                gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
2
3.9     Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
20 JP
4.9     Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
2
3.10   Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
15 JP
4.10   Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
2
3.11   Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
25 JP
4.11  Menyajikan hasil percobaan  tentang getaran, gelombang, dan bunyi
2
3.12   Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optic
15 JP
4.12   Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa


0 Response to "Program tahunan VIII"