PENDIDIK IPA KEREN

kami hanya menampilkan berita dan data yang kami maksudkan mungkin bisa membantu pekerjaan guru

home

Program Tahunan kelas VII

PROGRAM TAHUNAN

Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut 

Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun

Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VII dengan kurikum K13 



PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                  
Mata Pelajaran          :    IPA
Satuan Pendidikan    :    
Kelas / Semester       :    VII
Tahun Pelajaran        :    2018/2019



Kompetensi Inti :
KI 1
:
Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

NO
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
1
A.    Objek IPA dan Pengamatannya
3.1       Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)..
4.1       Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
15 JP

B.     Klasifikasi Makhluk Hidup
3.2     Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2       Menyajikan hasil pengklasIfikasia makhluk hidup dan benda di lingkungan sekita berdasarkan karakteristik yang diamati
15 JP
C.     Klasifikasi Materi dan Perubahannya
3.3     Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.3       Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
15 JP

D.     Suhu dan Perubahannya
3.4     Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4     Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
15 JP
E.     Kalor dan Perpindahannya
3.5     Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanismem menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.5     Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
15 JP

F.      Energi dan Sumber Kehidupan
3.6     Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
4.6     Menyajikan  hasil percobaan  tentang perubahan  bentuk  energi, termasuk fotosintesis.
15 JP
2
G.    Sistem Organisasi Kehidupan
3.7     Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.7     Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
15 JP
H.    Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
3.8     Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.8     Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
15 JP

I.        Pencemaran Lingkungan


3.9     Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.9     Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian  masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
15 JP

J.       Pemanasan Global


3.10    Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem.
4.10    Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim
15 JP

K.    Struktur Bumi dan Dinamikanya


3.11    Menjelaskan lapisan bumi,gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.
4.11    Mengomunikasikan   upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.
15 JP

L.      Tata Surya


3.12    Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
4.12    Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.
15 JP

0 Response to "Program Tahunan kelas VII"