Program Tahunan kelas VII
—
Saturday, December 1, 2018
—
Add Comment
—
prota
PROGRAM TAHUNAN
Sebagai seorang pendidik pasti dituntut untuk memenuhi kewajibannya untuk mengajar. Dan untuk mengajar pasti harus memiliki pedoman agar sistem pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Dengan cara membuat sebuah Perangkat pembelajaran yaitu sebuah alat ataupun perlengkapan yang digunakan untuk melaksanakan sebuah proses/kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan pendidik atau guru dan peserta didik/ siswa melakukan sebuah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pedoman yang telah kita buat tersebut
Program tahunan adalah sebuah perencanaan penetapan alokasi waktu dalam satu tahun proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan (SK dan KD dalam kurikulum KTSP/KI dan KD dalam kurikulum K13) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu ini diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa secara menyeluruh dan tepat waktu sebelum waktu PBM habis dalam sau tahun
Berikut adalah program tahunan mata pelajaran IPA kelas VII dengan kurikum K13
PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : VII
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
A. Objek IPA dan
Pengamatannya
|
|
3.1 Menerapkan konsep
pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku)..
4.1
Menyajikan data hasil pengukuran dengan
alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda
di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
|
15
JP
|
|
B. Klasifikasi
Makhluk Hidup
|
||
3.2 Mengklasififikasi makhluk Hidup dan benda
berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2
Menyajikan hasil pengklasIfikasia
makhluk hidup dan benda di lingkungan sekita berdasarkan karakteristik yang
diamati
|
15
JP
|
|
C. Klasifikasi
Materi dan Perubahannya
|
||
3.3
Menjelaskan
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Menyajikan hasil
penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan
kimia, atau pemisahan campuran
|
15 JP
|
|
D.
Suhu dan Perubahannya
|
||
3.4 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan
kalor
|
15 JP
|
|
E. Kalor
dan Perpindahannya
|
||
3.5 Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor,
perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk
mekanismem menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.5
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan
kalor.
|
15 JP
|
|
F. Energi dan Sumber
Kehidupan
|
||
3.6 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi,
dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
fotosintesis.
4.6
Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk
energi, termasuk fotosintesis.
|
15 JP
|
|
2
|
G. Sistem Organisasi
Kehidupan
|
|
3.7 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.7
Membuat model struktur
sel tumbuhan/hewan
|
15
JP
|
|
H. Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
|
||
3.8 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.8
Menyajikan hasil
pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
15
JP
|
|
I.
Pencemaran Lingkungan
|
||
3.9
Menganalisis
terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan.
|
15
JP
|
|
J.
Pemanasan Global
|
||
3.10 Menganalisis
perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem.
4.10
Membuat tulisan tentang
gagasan adaptasi/ penanggulangan masalah perubahan iklim
|
15
JP
|
|
K. Struktur
Bumi dan Dinamikanya
|
||
3.11
Menjelaskan
lapisan bumi,gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum,
pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.
4.11
Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak
bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana
sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.
|
15
JP
|
|
L.
Tata Surya
|
||
3.12 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi
bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
4.12
Menyajikan karya tentang
dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan
hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.
|
15
JP
|
0 Response to "Program Tahunan kelas VII"